Jumat, 24 Juli 2009

JANTUNG SEHAT

Tips Senam Jantung Sehat
1. Memeriksa tekanan darah dan konsultasi dokter apakah ada gangguan, terutama bagi para lansia.
2. Biasakan untuk memeriksa denyut nadi sebelum senam, atau disebut dengan denyut nadi istirahat. Beberapa saat setelah olahraga coba rasakan kembali denyut nadi, kalau sudah terlalu kencang olahraga jangan diteruskan. Bagi orang biasa ada 12 denyut nadi dalam 10 detik senyut nadi istirahat dan 20 denyut dalam 10 detik setelah senam. Ukuran denyut ini untuk orang dewasa, bagi yang belum terbiasa olahraga atau lansia, sebaiknya berhenti atau melakukan pendinginan setelah mempunyai denyut lebih dari 20 per 10 detik.
3. Senam selalu diikuti dengan pemanasan, kemudian inti dan pendinginan.
4. Senam untuk orang yang jarang melakukan senam, antara 30 menit sampai 1 jam. Pemanasan sekitar 10 sampai 15 menit, dilanjutkan gerakan inti. Bila dirasa sudah cukup banyak mengeluarkan keringat, atau denyut nadi sudah cukup kencang, segera melakukan gerakan pendinginan. Gerakan senam pelan disertai tarikan nafas yang panjang.
5. Sebaiknya mengundang instruktur atau pelatih karena senam jantung sehat ada beberapa versi. Tiap versi disesuaikan dengan usia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar